Workshop Pelatihan Penanganan Luka Bethsaida Hospital

 

Kerjasama dengan Darya Varia

Tangerang, 28 Juni 2021 – Pada tanggal 24 Juni 2021 Bethsaida Hospital mengadakan workshop bertema Penanganan Luka bersama Darya Varia yang telah dihadiri oleh sejumlah perawat dari Bethsaida Hospital serta dipandu oleh dr. Linawati Makmur, Sp. BP bertempat di Auditorium Bethsaida Hospital.

Untuk meningkatkan kompetensi tenaga medis

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tim perawat Bethsaida Hospital dalam memberikan penanganan luka yang baik dan tepat bagi pasien.
Kegiatan ini diawali dengan presentasi oleh dr. Linawati Makmur, Sp. BP yang membahas tentang jenis-jenis luka serta penanganannya secara teori. Dalam pemaparan materi ini juga dijelaskan bahwa setiap jenis luka yang diderita oleh pasien, berbeda pula tindakan untuk mengatasi penyembuhan luka yang dialami. 

Beda luka, beda cara penanganan

Terdapat tiga jenis luka yang dijelaskan, yaitu luka trauma, operasi, dan luka bakar. Tahapan dalam penanganan luka yang harus dilakukan ialah cuci, lembapkan, dan tutup. Yang membedakan tindakan jenis luka berada di tahapan penutupannya. Pilih dressing yang steril untuk mencegah kontaminasi dan mampu menyerap eksudat misalnya, antimicrobial dressing menggunakan Daryantulle, eksudat minimal sedang menggunakan Renoderm. Jenis-jenis luka yang berbeda mengharuskan kita lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas keseharian, karena apabila tubuh terluka akibat benda di sekitar, hal tersebut dapat memberikan efek trauma pada kulit. Setelah pemaparan materi luka selesai acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Ibu Bertha Nathania dari PT. Darya – Varia Laboratoria.

Praktik langsung bersama dokter spesialis dan tenaga ahli

Selain pemaparan teori tentang jenis-jenis luka dan penanganannya, pada acara ini juga dilakukan kegiatan praktik langsung penanganan luka di mana bahan eksperimen yang digunakan ialah menekin tangan dan kaki yang mempunyai tiga jenis luka yang berbeda. Pada kegiatan praktik ini, tim perawat Bethsaida Hospital dibimbing langsung oleh dr. Clement Dewanto, Sp. B dan dr. Linawati Makmur, Sp. BP serta Ibu Bertha Nathania dari Darya Varia. Bahan praktik penanganan luka yang digunakan pada workshop didukung oleh Darya Varia. Kegiatan workshop diakhiri dengan mini quiz untuk menguji materi workshop yang sudah dipresentasikan kepada perawat.

Melalui acara ini diharapkan dapat terjalin hubungan yang baik antara Bethsaida Hospital dengan Darya Varia untuk meningkatkan awareness dalam memberikan pengetahuan kesehatan pada tim medis bukan hanya kepada masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.bethsaidahospitals.com

Facebook Bethsaida Hospitals       

Twitter Bethsaida Hospitals 

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment