fbpx Skip to content

Waspadai Kanker Kulit Melanoma

Melanoma adalah kanker kulit yang berasal dari sel melanosit yaitu sel yang memproduksi pigmen/ sel pemberi warna kulit. Melanoma termasuk golongan kanker yang berbahaya karena kanker ini mulai muncul dari kulit kemudian dapat menyebar ke organ tubuh lainnya. Pada umumnya gejala kanker kulit melanoma ini ditandai dengan kemunculan tahi lalat baru ataupun perubahan pada tahi lalat yang sudah ada. Melanoma dapat diobati sebelum menyebar ke organ tubuh lainnya, oleh karena itu, deteksi dan pengobatan dini melanoma sangat penting. Melanoma sangat mirip dengan tahi lalat biasa namun ada beberapa tanda untuk membedakannya, yaitu :

1. Memiliki lebih dari satu warna
2. Bentuknya tidak beraturan
3. Diameternya lebih besar dari 6 mm
4. Dapat di sertai rasa gatal dan mudah berdarah

Melanoma ini dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh namun bagian tubuh yang sering diidapi oleh melanoma adalah wajah, tangan, punggung dan kaki.

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang tidak baik bagi tubuh oleh karena itu pada kebanyakan kasus melanoma disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan dimana paparan sinar matahari tersebut menyebabkan kulit terbakar (sunburn). Paparan sinar matahari secara berlebihan akan menimbulkan kerusakan kulit dan membuat kulit lebih mudah terserang kanker. Selain itu juga terdapat beberapa faktor-faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang terkena melanoma yaitu sebagai berikut:

1. Adanya riwayat kanker kulit melanoma dalam keluarga
2. Memiliki banyak tahi lalat
3. Memiliki tahi lalat atipikal, yaitu tahi lalat yang besar, bentuknya tidak beraturan dan memiliki lebih dar satu warna
4. Individu berkulit putih, yang mudah terbakar sinar matahari dan sulit menjadi hitam
5. Mengalami kondisi yang dapat menurunkan kekebalan tubuh seperti HIV, Pasca Transplantasi Organ dan Leukimia
6. Mengonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan sistem kekebalan pada tubuh

Pada umunya melanoma ini dapat didiagnosa melalui proses biopsi. Biopsi adalah suatu operasi kecil yang bertujuan untuk mengangkat tahi lalat yang divurigai sebagai melanoma dan dilakukan pemeriksaan mikroskopis. Selain itu terdapat beberapa tes lanjutan jika kanker menyerang ke organ tubuh lainnya yaitu:

1. Tes darah
2. X-Ray
3. MRI Scan
4. CT Scan

Terdapat beberapa cara yang dapat anda terapkan untuk mencegah timbulnya penyakit kanker kulit melanoma yaitu sebagai berikut:

1. Memeriksa kondisi tahi lalat secara berkala. Apabila terjadi peubahan warna, bentuk dan ukuran pada tahi lalat yang sudah ada atau timbul tahi lalat baru dengan ciri-ciri melanoma seperti diatas, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit
2. Hindari sinar matahari ketika dipuncak terpanas yaitu dari jam 10.00-14.00 karena dapat merusak kulit
3. Gunakan pakaian tertutup dan topi lebar yang dapat melindungi anda dari paparan sinar matahari
4. Gunakan tabir surya atau body lotion dengan kadar SPF minimal 30

Satu-satunya cara pengobatan melanoma adalah melalui operasi. Pada umumnya jika melanoma masih berada pada tahap awal maka proses operasi ini dapat menyembuhkan penyakit tersebut namun jika penyakit melanoma ini sudah menyebar ke organ tubuh lain, maka selain melalui jalur operasi pasien harus menjalani kemoterapi, radioterapi dan imunoterapi untuk memperlambat penyebaran kanker dan mengurangi gejala dari melanoma ini.

Narasumber: dr. Inneke Halim, Sp.KK (dokter spesialis kulit dan kelamin Bethsaida Hospitals)

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on print