TERAPI BATU SALURAN KEMIH TANPA OPERASI


Batu saluran kemih adalah batu yang terbentuk dari endapan mineral di dalam sistem perkemihan. Batu saluran kemih bisa terdapat di ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Sebagian besar kasus batu disebabkan oleh diet tinggi oksalat, rendah sitrat dan kondisi dehidrasi kronik. Penyakit batu saluran kemih lebih banyak di temui pada laki-laki di rentang usia 30-40 tahun. Adapun jenis utama batu saluran kemih yaitu batu kalsium-oksalat, batu asam urat, batu magnesium-ammonium-fosfat dan batu sistin.

Diagnosis

  1. Anamnesis adanya nyeri kolik pada pinggang kanan dan atau kiri
  2. Pemeriksaan fisik di sekitar pinggang, perut dan alat kelamin,
  3. Pemeriksaan laboratorium dengan darah dan urin,
  4. Pemeriksaan radiologi dengan ultrasonografi (USG) ginjal dan kandung kemih, KUB-IVP (foto polos perut dan pielografi intravena) dan CT scan urografi

Terapi Saluran Kemih

Penghancuran batu dengan operasi minimal invasif sudah sangat berkembang. Kemajuan metode ini banyak mengurangi tindakan operasi terbuka. Tidak ada bekas luka bedah pada pasien yang menjalani tindakan ini karena tanpa sayatan dan waktu pemulihan pasien pun lebih cepat. 

Berbagai pilihan alternatif terapi minimal invasif tersedia dengan berbagai indikasi, yaitu:

a. Cystoscopy lithotripsi

Prosedur sistoskopi dilakukan dengan sebuah alat yang disebut sistoskop. Alat ini dimasukan melalui saluran kencing ke dalam kandung kemih untuk memecahkan batu buli-buli, tanpa sayatan dengan menggunakan LASER Holmium YaG atau litotriptor mekanik

b. URS (Ureterorenoscopy)

Merupakan prosedur tindakan pemeriksaan saluran kandung kemih yang menggunakan suatu alat yang dimasukkan melalui saluran kemih kedalam ureter untuk memecahkan batu ureter dengan gelombang pneumatic dan LASER.

c. RIRS ( Retrograde Intra Renal Surgery)
Retrograde intrarenal surgery (RIRS) adalah prosedur bedah minimal invasif tanpa sayatan untuk menghancurkan batu di dalam ginjal dan saluran kencing menggunakan alat bernama ureteroskop fleksibel. Alat ini seperti teropong yang kecil dan fleksibel sehingga mudah diarahkan ketika masuk ke dalam saluran kencing. Batu ginjal dihancurkan dengan LASER Holmium YaG.

d. PCNL (Percutaneous nephrolithotomy)

Merupakan tindakan standar bedah minimal invasif untuk tatalaksana batu ginjal yang berukuran besar ( >2 cm). Pada tindakan PCNL, batu dapat dihancurkan dengan teknologi ultrasonik, pneumatik atau LASER.

Review : Dr. Donny Eka Putra, Sp.U

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment