Pembesaran kelenjar getah bening/ limfe dikenal dalam istilah kedokteran adalah lymphadenopathy. Merupakan kelainan yang sering dijumpai pada masa anak-anak. Proses pembesaran kelenjar ini sering merupakan akibat dari infeksi, biasanya jinak dan dapat sembuh sendiri. Infeksi virus atau bakteri dapat menimbulkan respon limfosit dan makrofag yang terlokalisir sehingga menyebabkan pembesaran kelenjar. Namun pembesaran kelenjar juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi di kelenjar getah bening itu sendiri. Penyebab lain yang jarang namun lebih serius adalah lymphoma atau leukimia. Sistem limfatik dalam tubuh kita  mempunyai manfaat yaitu:
(1) Mengembalikan cairan & protein dari jaringan ke sirkulasi darah (2) Mengangkut limfosit (3) Membawa lemak emulsi dari usus (4) Menyaring & menghancurkan mikroorganisme untuk menghindarkan penyebaran  (5) Menghasilkan zat antibodi
Kelenjar limfe kita memiliki ciri antara lain berbentuk kecil lonjong seperti kacang, terdapat di sepanjang pembuluh, bekerja sebagai penyaring.
Anak-anak yang sehat sering memiliki kelenjar limfe yang dapat diraba terutama di daerah leher, ketiak dan lipat paha. Kelenjar limfe jinak memiliki ukuran yang kecil, lembut dan dapat bergerak bebas. Kelenjar limfe dikatakan membesar bila ukuran diameternya >1cm. Bila ditemukan adanya pembesaran kelenjar limfe pada anak sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk dicari penyebabnya dan penanganan lebih lanjut.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment