Air Conditioning (AC) atau pendingin ruangan memang merupakan sebuah penolong di kala udara sedang panas-panasnya. Beberapa dari kita pun mungkin tahu bahwa AC memiliki dampak negatif juga, terlebih untuk mereka yang sering sekali berada di ruangan ber-AC. Beberapa penyakit karena AC ini meliputi Bell’s Palsy (kelumpuhan wajah sesisi),┬áTortikolis (leher tengeng/salah bantal),┬áFrozen Shoulder (bahu beku),┬áCarpal Tunnel┬áSyndrome, Kejang, Pusing, Gangguan Saluran Napas dan lainnya.

Untuk Anda yang sering sekali berada di ruangan ber-AC, sebaiknya ingatlah hal-hal berikut ini:

1. Rajin memeriksakan kebersihan dari pendingin ruangan seperti mengecek kadar freon secara teratur.
2. Gunakan sistem filtrasi yang bisa menghilangkan beberapa polutan, sehingga mengurangi efek yang tidak bagus bagi pemakainya.
3. Konsumsi cairan yang cukup sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi.
4. Jika memiliki masalah kesehatan serius yang berhubungan dengan pendingin ruangan, segera diobati dan cari tahu apa penyebabnya.
5. Untuk itu rawatlah pendingin ruangan dengan baik, supaya tidak menimbulkan masalah bagi pemakainya. Serta berhematlah dalam penggunaanya agar lapisan ozon tidak semakin menipis sehingga memperlambat terjadinya pemanasan global.

Selain hal-hal diatas, Anda dapat juga menghindari dampak negatif AC dengan:

1. Sebaiknya luangkan waktu Anda, walau sedikit, untuk berjalan-jalan keluar ruangan. Selain baik bagi tubuh, pikiran juga akan terasa lebih rileks.
2. Jangan biarkan udara AC langsung mengenai tubuh karena dapat berefek buruk pada kesehatan.
3. Aktifitas fisik, terlebih olahraga teratur, sangat dianjurkan. Termasuk pula Anda yang menjalani rutinitas sehari-hari di ruang ber-AC
4. Jagalah kebersihan. Secanggih apapun fasilitas yang Anda gunakan demi kenyamanan Anda bekerja, tidak akan efektif jika Anda tidak menjaga kebersihan ruangan tersebut.
5. Biarkan sesekali udara dan cahaya masuk ke dalam ruangan ber-AC Anda, untuk memberikan efek fresh pada udara dalam ruangan tersebut.
6. Letakkan tanaman indoor di tempat Anda bekerja, tanaman tersebut sangat membantu mengurangi dampak polusi.
7. Bagi pekerja kantor, jujurlah pada diri sendiri, jika kondisi kesehatan sedang tidak fit, sebaiknya minta izin untuk tidak masuk daripada menularkan penyakit pada orang lain.
8. Gunakan hanya AC yang bebas CFC atau freon, karena ratifikasi standar lingkungan dunia sudah mengharuskan penghapusan terhadap CFC yang dapat mengakibatkan kerusakan lapisan ozon dalam waktu yang lama.

 

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment