fbpx Skip to content

Eksim Atopik: Faktor dan Pencegahan

Eksim merupakan gangguan kulit dimana seseorang merasa gatal secara terus-menerus. Pada umumnya, kebanyakan orang mengira bahwa kulit yang gatal hanya disebabkan oleh gigitan nyamuk, tetapi jika seseorang memiliki gangguan kulit eksim, maka rasa gatal pada kulit akan terasa secara terus-menerus dan akan terlihat ruam merah pada kulit. Ada berbagai jenis eksim yang dapat diderita oleh seseorang, tetapi jenis eksim paling umum adalah eksim atopik.

Eksim atopik adalah penyakit kulit dimana anda akan merasa gatal secara terus-menerus, timbul ruam merah pada area kulit yang gatal, kulit berubah menjadi sangat kering, pecah-pecah, tebal hingga kasar. Apabila anda mengalami masalah kulit eksim atopik, maka rasa gatal biasanya akan terasa lebih buruk pada malam hari daripada siang hari. Menurut dr. Albert Susanto, Sp.KK dari Bethsaida Hospital ada beberapa faktor munculnya eksim atopik.

Berikut adalah faktor yang menyebabkan munculnya eksim pada kulit:

  1. Genetik: eksim atopik dapat diturunkan secara genetik dari orang tua kandung. Hal ini secara otomatis menjadi salah satu pemicu dimana anak akan mengalami eksim atopik, terlebih lagi apabila didukung oleh kondisi lingkungan dan cara menjaga kulit.
  2. Lingkungan: berupa cuaca dan lingkungan hidup.
  3. Tungau dan debu: Makhluk-makhluk mikroskopik kecil seperti tungau dan debu tidak dapat dilihat secara kasat mata dan dapat memicu alergi. Alhasil, anda akan lebih rentan untuk bersin dan kulit terasa gatal akibat adanya tungau dan debu.
  4. Bulu hewan peliharaan: Jika anda memiliki hewan peliharaan, bulu hewan yang rontok bisa menjadi salah satu faktor penyebab eksim.
  5. Salah menggunakan sabun: sabun yang mengandung bahan kimia akan membuat kulit anda lebih kering, pecah-pecah, hingga menyebabkan eksim. Maka dari itu, cek dahulu komposisi sabun sebelum digunakan.
  6. AC: berada di bawah AC terlalu lama setiap hari dapat merubah kulit menjadi kering dan memicu munculnya eksim pada kulit.
  7. Makanan: makanan yang mengandung banyak minyak bisa menjadi salah satu faktor munculnya eksim pada kulit.

Cara untuk mencegah eksim atopik:

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan eksim, tetapi ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mencegahnya juga:

  1. Tidak menggaruk kulit yang gatal: kulit gatal yang selalu digaruk hanya akan memperburuk kondisi eksim atopik. Tahan rasa gatal dengan menepuk-nepuk kulit yang gatal secara perlahan-lahan.
  2. Gunakan sabun alami: jangan menggunakan sabun berbahan kimia, melainkan gunakan sabun berbahan alami yang bisa anda jumpai d berbagai supermarket, tetapi jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada komposisi sabun terlebih dahulu.
  3. Jaga pola makan: tidak mengonsumsi gorengan terlalu banyak ataupun makanan lain yang dapat memicu alergi pada tubuh anda, misalnya seperti seafood atau susu.
  4. Kontrol stress: stress akan berdampak langsung terhadap kulit anda, maka akan lebih baik jika anda dapat mengontrol rasa stress anda.
  5. Gunakan pelembap secara rutin: gunakan pelembap sebanyak 2-3x dalam sehari untuk selalu meberikan kelembapan yang optimal pada kulit, terutama bagi anda yang sering berada dalam ruangan dengan pendingin udara. Kulit yang lembap tentunya akan mencegah eksim atopik untuk berkembang.

Jangan hiraukan eksim yang merenggut keindahan kulit anda. Pasalnya, jika eksim atopik dihiraukan, kulit akan terasa lebih gatal dan ruam merah akan semakin meluas. Cara mudah  diatas bisa anda terapkan setiap hari untuk mencegah dan memperbaiki kondisi eksim atopik yang anda alami.

Jika anda mengalami eksim, anda bisa langsung konsultasi dengan dokter kulit di Bethsaida Hospital untuk pengobatan yang optimal.

Narasumber: dr. Albert Susanto, Sp.KK

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on print

PAKET MCU BRONZE

Rp 1.473.000

Pemeriksaan dasar Bethsaida Hospital yang meliputi beberapa jenis pemeriksaan seperti radiologi, urin, hematologi, fungsi hati, fungsi ginjal, gula darah, lemak darah dan skrining hepatitis. 

Sarapan Pagi

Pemeriksaan Dokter

  • Dokter Umum
  • Dokter Spesialis Mata/THT

Radiologi

  • Rontgen Thorax AP/PA

EKG

Urinalisis

  • Urin Lengkap

Hematologi

  • Darah Lengkap

Fungsi Hati

  • SGOT
  • SGPT

Fungsi Ginjal

  • Ureum
  • Kreatinin
  • Asam Urat

Gula Darah

  • Gula Darah Puasa
  • Gula Darah 2 Jam PP

Lemak Darah

  • Kolesterol Total
  • Kolesterol HDL
  • Kolesterol LDL
  • Trigliserida

Skrining Hepatitis

  • HBsAg
  • Anti HBs