Kelainan Prostat


Kelainan Prostat

Kelenjar prostat adalah kelenjar yang terdapat di sekitar leher kandung kemih pria. Berbagai kelainan dapat terjadi pada prostat, yang tersering adalah:
- Pembesaran Prostat Jinak ( Benign Prostate Hyperplasia, BPH)
- Kanker Prostat
- Peradangan Prostat (Prostatitis)

Pembesaran Prostat Jinak (BPH)
Pembesaran prostat jinak umumnya terjadi pada pria usia 50 tahun atau lebih. Biasanya pasien datang dengan keluhan gangguan berkemih akibat sumbatan saluran kemih oleh prostat yang membesar.
Keluhan yang sering dialami antara lain berupa pancaran berkemih yang melemah, frekuensi berkemih yang menjadi lebih sering, sering kencing di malam hari, kencing yang tidak tuntas, terputus-putus, harus mengedan, dan kesulitan untuk menahan kencing.
Selain dari keluhan, BPH diketahui dari pemeriksaan fisik oleh dokter, khususnya pemeriksaan colok dubur untuk menilai prostat, ultrasonografi (trans abdominal, trans rectal). Untuk menilai gangguan pancaran berkemih juga dapat dinilai melalui pemeriksaan uroflowmetri.

Dari pemeriksaan yang didapat, pembesaran prostat jinak dapat ditangani melalui observasi, minum obat, ataupun memerlukan tindakan/intervensi, baik berupa reseksi prostat lewat endoskopi (Trans Urethral Resection of the Prostate- TURP), Laser prostat (green light / holmium YaG), ataupun operasi terbuka.

News

Donor Darah

Donor Darah

12 April 2014

Seminar Implan Gigi

Seminar Implan Gigi

29 March 2014

Donor Darah

Donor Darah

21 January 2014

Banten Diabetes Day

Banten Diabetes Day

16 November 2013

Read More